Sarapan Sehat, Mudah, dan Enak dengan Overnight Oats

Siapa yang sering melewatkan sarapan dengan alasan tidak ada waktu di pagi hari? Padahal sarapan di pagi hari punya banyak manfaat, lho! Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Nottingham menemukan bahwa melewatkan sarapan bisa menyebabkan peningkatan asupan makan di siang hari. Nah, ga mau kalap kan kalau sudah jam makan siang cuma karena tidak sarapan?

Buat Sobat yang beralasan tidak ada waktu untuk masak dan mempersiapkan, ada nih solusi sarapan yang mudah, ga ribet, dan enak. Apalagi makanan ini juga bisa di-customized sesuka hati. Yup sesuai judul di atas, Sobat bisa nikmatin sarapan yang enak dan sehat dengan overnight oats! Biar kekinian, Sobat bisa makan overnight oats di dalam jar yang kece.

Jadi, apa tuh overnight oats?

Strawberry overnight oats

Strawberry overnight oats | Sumber foto: Familyfoodonthetable.com

Overnight oats pada dasarnya adalah oat yang direndam dalam susu dan/atau yogurt semalaman di dalam kulkas. Kamu bisa menambahkan topping apapun yang sobat suka, dari biji-bijian, buah, kacang, atau bahkan chocolate chips! Sudah kebayang kah gimana enaknya makanan ini. Cara buatnya juga mudah, Sobat tinggal mencampurkan semua bahan ke dalam sebuah wadah, bisa mangkok, gelas, mug, atau jar. Ada toples selai kacang, nutella, atau ovomaltine yang sisa sedikit? Bisa juga lho dipakai sebagai wadah overnight oats, rasanya pasti lebih mantap apalagi buat yang suka manis!

Overnight oats dalam toples kecil bekas selai

Overnight oats dalam toples kecil bekas selai | Sumber foto: Happybeinghealthy.com

Yang paling seru dari overnight oats adalah rasanya yang bisa dibuat seperti dessert! Kapan lagi kan bisa makan sarapan dengan rasa yang mirip kue, tetapi tetap sehat? Membuatnya juga tidak repot karena ditinggal semalaman di kulkas dan bisa langsung dimakan deh keesokan harinya. Jadi ga ada cerita bingung mau sarapan apa di pagi hari karena tinggal ambil overnight oats di kulkas.

Mau makan overnight oats tapi tidak suka tekstur oatmeal?

cara nikmati oatmeal

Temukan cara favoritmu untuk menikmati oat | Sumber foto: Food52.com

Overnight oats bisa jadi cara baru sobat menikmati oat, apalagi kalau sobat kurang suka dengan rasa oatmeal yang hangat/panas pada umumnya. Beberapa orang tidak terbiasa dengan tekstur oatmeal yang lembek, lengket, dan mirip bubur. Untuk hasil setelah didiamkan semalam, seberapa encer atau kentalnya bisa sobat atur tergantung dengan takaran bahan yang dicampur.

macam-macam jenis oat

Macam-macam jenis oat | Sumber: bakingwithsunshine.com/

Tekstur makanan ini bergantung pada jumlah susu dan jenis oat yang kamu gunakan. Oat instan akan menghasilkan overnight oats yang lembut, rolled oats akan membuat tekstur yang chewy, dan steel cut oats akan membuat overnight oatsmu terasa crunchy. Sebelum kepikiran rasa oatmeal biasa yang mungkin sobat kurang suka, tidak ada salahnya coba sarapan sehat dan enak satu ini dulu. Kepraktisan dan kemudahannya bikin nagih!

Cara mudah membuat overnight oats

resep overnight oats

Cara membuat overnight oats | Sumber foto: Makeuplifelove.com

Cara buat overnight oats sangat mudah seperti yang sudah disebutkan di atas. Bahan-bahan yang bisa kamu pakai antara lain:
  • Oat, bahan dasar makanan ini. Bisa pilih antara oat instan, old fashioned oats/rolled oats, atau steel cut oats sesuai selera.
  • Susu, bisa pilih susu sapi, soya (kedelai), almond, hazelnut, dan seterusnya.
  • Yogurt, campurkan yogurt plain yang kental atau kamu juga bisa pakai yogurt cair untuk rasa yang lebih variatif, tetapi hasilnya nanti di pagi hari akan lebih cair.
  • Topping, di sini sobat bisa bebas berkreasi mau pakai topping apa saja, misalnya buah kering, kurma, buah segar (bisa ditambahkan sebelum disantap di pagi hari atau dari malam sebelumnya), chia seeds, bubuk kayu manis, selai kacang, choco chips, madu, granola dan seterusnya. Buat sebebas-bebasnya dan sekreatif mungkin.
Kalau belum pernah bikin makanan ini sebelumnya, coba buat dengan rasio oat, susu, dan yogurt 1:1:1. Kalau hanya dengan oat dan susu, coba gunakan rasio 1:1. Dengan terus bereksperimen, sobat bisa menemukan takaran yang paling pas untuk selera kamu. Setelah mencampur oat, susu, dan yogurt, tambahkan topping yang sobat suka. Pastikan oat terendam seluruhnya di dalam susu sehabis semua bahan diaduk seperti gambar di bawah ini.

cara buat overnight oats
Sumber foto: Honestlyyum.com

Sudah pernah coba overnight oats belum?

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Sumber : Google

Kembali Ke Atas