Breaking News
recent

Cara Merawat Sepatu Kulit Tepat, Mudah dan Tidak Mahal


Sepatu mencerminkan kepribadianmu. Sepatu yang terawat mengindikasikan bahwa orang tersebut peduli dengan penampilan dirinya.

Salah satu jenis sepatu yang cukup digemari adalah sepatu kulit. Karena sepatu ini terbilang cukup awet dan bisa dipakai dalam situasi apapun, baik formal maupun non formal, sobat tinggal menyesuaikan jenis atau model sepatu itu sendiri. Sepatu kulit juga bisa memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan bagi yang memakainya.

Perawatan sepatu kulit memang membutuhkan penanganan khusus agar tidak mudah rusak dan tetap nyaman dipakai. Ini cukup penting, apalagi untuk sobat yang punya koleksi sepatu bermerk. Jangan sampai sepatu kesayanganmu ditumbuhi jamur, bau dan warnanya menjadi kusam. Berikut ini adalah tata cara merawat sepatu kulit yang mudah untuk di coba.

1.Ketahui Jenis Kulit Sepatu

Ini merupakan langkah awal untuk merawat sepatu, terlebih dahulu sobat harus mengenali jenis kulit sepatu. Beruntung jika sobat mempunyai kulit sepatu berkualitas bagus karena akan semakin mudah perawatannya, walaupun memang harganya mahal. Selain dari segi bahan, kenali pula sifat-sifat sepatu, apakah elastis atau tidak. Ini juga akan berhubungan dengan ketahanan sepatu pada perubahan cuaca atau tidak.

Cara Merawat Sepatu Kulit (7)

2.Perhatikan Tata Letak Sepatu Saat Menyimpannya

Seusai memakai sepatu dan meletakkannya di rak penyimpanan, mungkin sobat hanya menggeletakkannya begitu saja. Biasakan untuk memberi jarak antara satu sepatu dengan sepatu lainnya. Ini bisa menghindarkan sepatu dari gesekan yang mungkin bisa membuat baret pada permukaan kulit sepatu.

Jika sobat meletakkan sepatu dalam kotak, pastikan ada silica gel yang tak jauh dari sepatu. Ini untuk menghindarkan jamur dan kondisi yang lembab pada sepatu. Silica gel berfungsi untuk mengatur kelembaban, dan mengurangi kadar air, serta menjauhkan sepatu dari serangga.

Cara-Merawat-Sepatu-Kulit--(2)

3.Ketahui Cara Mencuci Sepatu yang Benar

Mencuci sepatu tak bisa asal-asalan. Gunakan sikat khusus, sejenis sponge saat membersihkan sepatu. Sikat tersebut harus mempunyai tekstur yang halus dan tidak membuat goresan pada permukaan sepatu. Begitu juga dengan proses pengeringan sepatu, meski sobat ingin sepatu cepat kering, tapi hindarkan menjemurnya saat matahari sedang terik-teriknya, justru ini bisa membuat kulit sepatu mudah pecah. Lap sepatu terlebih dahulu hingga benar-benar kering, kemudian letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Biarkan hingga sepatu kering.

Jika sobat menggunakan dryer untuk mengeringkan sepatu, terlebih dahulu lapisi dengan koran bekas agar panasnya tidak langsung ke sepatu kamu.

Cara Merawat Sepatu Kulit (5)

4.Semir Sepatu Secara Berkala Agar Tampak Menarik

Agar warna sepatu kamu lebih cemerlang, biasakan untuk menyemir sepatu. Cari produk semir sepatu yang sudah terbukti mampu mempertahankan warna. Jangan lupa untuk memilih jenis semir sepatu yang sesuai dengan warna kulit sepatu, agar warna sepatu tidak rusak. Begitu juga dengan saat menyemir, lakukan gerakan searah agar alur sepatu tetap terlihat alami.

Sobat juga bisa mengoleskan moisturizer pada sepatu agar tetap lembab dan tidak kering atau bisa menggunakan handbody jika  tidak punya pelembab khusus sepatu.


Cara Merawat Sepatu Kulit (6)

5.Hindari Sepatu dari Air

Jangan pernah membiarkan sepatu kulit sobat terkena air. Mungkin ini sering di abaikan dan membiarkan sepatu terkena hujan ataupun genangan air. Ketahuilah bahwa air bisa merusak kulit sepatu secara perlahan.

Cara Merawat Sepatu Kulit (4)

6.Segera Bersihkan Jika Terkena Lumpur atau Kotoran

Jika sepatu terkena kotoran atau lumpur, jangan menundanya untuk terlalu lama membersihkannya, ambil lap dan bersihkan segera. Lumpur yang sudah mengering bisa meninggalkan noda yang akan membuat sepatum terlihat kusam dan susah dikembalikan ke seperti kondisi semula.

Cara-Merawat-Sepatu-Kulit--(1)

Itulah beberapa cara merawat sepatu kulit. Semoga bermnafaat ya
Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.