6 Tempat di Jogja yang Mendadak Hits Sejak Tayangnya Film AADC 2

Demam film Ada Apa Dengan Cinta 2 sepertinya masih melanda tanah air. Setelah dibuat penasaran dengan ending film Ada Apa Dengan Cinta di tahun 2002 yang terkesan menggantung dengan kepergian Rangga ke Amerika, akhirnya kita bisa mengetahui kelanjutan cerita Rangga dan Cinta. Buat sobat yang sudah nonton filmnya pasti masih kebayang dong alur cerita pertemuan kembali antara Rangga dan Cinta yang bikin baper berhari-hari. 

Berbeda dengan film pertamanya yang fokus pada jalan cerita antara Cinta and the genk serta kedekatan antara Cinta dan Rangga, film AADC 2 justru dipermanis dengan menampilkan seluk beluk kota Yogyakarta. Selain melihat romatisme Dian Sastrowardoyo dan lawan mainnya Nicholas Saputra, lewat AADC 2 sobat juga bisa ikut menjelajahi berbagai tempat di Yogyakarta yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Yuk langsung aja intip beberapa tempat syuting AADC 2 yang sekarang mendadak ngehits di kalangan netizen.

Sellie Coffee

Masih ingat dengan ucapan Cinta berikut ini: “Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu … JAHAT”? Kalimat ini begitu fenomenal semenjak trailer film AADC 2 tayang di Youtube, apalagi dengan munculnya berbagai meme yang memparodikan adegan tersebut. Adegan tak terlupakan ini ternyata diambil di sebuah kedai kopi sederhana bernama Sellie Coffee yang berlokasi di Prawirotaman 2, Yogyakarta. Kedai kopi ini mendadak jadi tenar di kalangan wisatawan semenjak film AADC 2 booming di kalangan pecinta film. Bahkan menurut pengelola Sellie Coffee, pengunjung di kedai tersebut naik sekitar 50% berkat film AADC 2.

sellie coffee

Sumber gambar: cnnindonesia.com

Papermoon Puppet Theater

Bukan rahasia lagi kalau Rangga dan Cinta suka banget hal-hal berbau sastra dan seni. Jadi tidak mengherankan jika Papermoon Puppet Theater menjadi tempat untuk mereka menikmati waktu berdua. Terletak di Jalan Langensuryo, Yogyakarta, teater boneka ini sudah pernah melakukan pentas di mancanegara, seperti di Kuala Lumpur, Jepang, hingga Washington DC. Dalam film AADC 2, Rangga dan Cinta menonton pementasan Papermoon Puppet Theater dengan tema “Secangkir Kopi dari Playa”. Psst, katanya jalan cerita pementasan “Secangkir Kopi dari Playa” ini terinspirasi dari kisah Cinta dan Rangga lho.

pappermoon puppet theater

Sumber gambar: papermoonpuppet.com

Klinik Kopi

Sepertinya Cinta dan Rangga merupakan pecinta kopi, buktinya di film ini mereka menghabiskan waktu berdua di 2 kedai kopi sekaligus. Tak hanya Sellie Coffee, Klinik Kopi juga menjadi salah satu tempat di mana Rangga dan Cinta berbagi cerita setelah terpisah selama 14 tahun. Di tempat ini jugalah, Rangga memberikan ‘hadiah’ kepada Cinta karena sudah bersedia menemaninya seharian. Berlokasi di Kaliurang KM 7,5 Sleman, Klinik Kopi sebenarnya sudah cukup terkenal di Yogyakarta. Tak hanya menyediakan kopi nusantara dengan cita rasa yang khas, di sini sobat juga bisa mendengar cerita lengkap mengenai kopi, mulai dari pemahaman tentang kopi yang sesungguhnya sampai cara memproses kopi yang tepat dari pemiliknya langsung.

klinik kopi

Sumber gambar: @klinikkopi

Istana Ratu Boko

Tak hanya cafe dan suasana kota Yogyakarta, film AADC 2 juga tidak lupa menyorot peninggalan bersejarah yang ada di kota pelajar tersebut. Istana Ratu Boko yang berada di kompleks Candi Prambanan ini pun menjadi salah satu tempat syuting Ada Apa Dengan Cinta 2. Semua orang di Yogyakarta pasti tahu kalau istana satu ini merupakan tempat sempurna untuk mengabadikan momen matahari terbenam karena terletak di sebuah bukit dengan hamparan rumput hijau yang luas. Meski tinggal bongkahan puing-puing dan hanya ada 5 gapura yang masih tegap berdiri, namun keeksotisan Istana Ratu Boko tetap bisa membuat wisatawan berdecak kagum.

istana ratu boko

Sumber gambar: cumicumi.com

Rumah Doa Bukit Rhema – Punthuk Setumbu

Sebagai seorang petualang sejati, Rangga sepertinya tahu tempat-tempat mana saja yang memiliki pemandangan luar biasa. Nah salah satu lokasi yang dipilih Rangga untuk menghabiskan waktu berdua dengan Cinta adalah Rumah Doa Bukit Rhema atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Ayam. Sebenarnya dari luar tempat ini terlihat kumuh dan menyeramkan karena merupakan bangunan yang belum selesai dibangun. Tapi jika sobat ke bagian paling atas alias puncak menaranya, sobat dapat menikmati panorama Bukit Punthuk Setumbu yang menakjubkan. Seperti Rangga dan Cinta, di sini sobat juga bisa menyaksikan momen matahari terbit dengan latar belakang Punthuk Setumbu yang indah. 

rumah doa bukit rhema

Sumber gambar: cumicumi.com

Villa Sunset Jogja

Buat sobat yang sudah nonton filmnya, pasti masih ingat dong gimana kerennya vila tempat Geng Cinta menginap selama liburan di Jogja. Suasana vila yang sangat alami dengan perabotan yang terbuat dari kayu dan pemandangan alam yang masih hijau tentu membuat sobat pengen banget ikutan menginap di sini. Nah biar mirip Geng Cinta, sobat bisa nih coba bermalam di Villa Sunset Jogja yang terletak di daerah Bantul, Yogyakarta. Oiya , Villa Sunset juga menjadi saksi bisu ciuman perpisahan Rangga dan Cinta lho.

Villa Sunset Jogja

Sumber gambar: booking.com

Tak hanya membangkitkan industri perfilman Indonesia, film AADC 2 juga dinilai berhasil mengangkat pariwisata Yogyakarta.  Semoga informasi tadi bermanfaat ya jangan lupa share foto foto kalian kalau berkunjung di tempat tempat tadi

Kembali Ke Atas