Breaking News
recent

Tanda-Tanda Tubuh Manusia Kekurangan Air Tanpa Disadari


Hai Sob,
Biasanya yang hobi berlama-lama di depan komputer, kita terkadang suka lupa dengan yang namanya minum air putih. Mungkin hal ini sepele, namun jika terus menerus seperti ini,  maka tubuh kita secara biologis akan mudah terkena penyakit.
Nah, untuk mengantisipasinya, kita wajib mengetahui bagaimana tubuh memeberikan beberapa tanda saat kita sedang kekurangan air. Simak yuk!

1. Meningkatnya Detak Jantung



Dehidrasi dapat memiliki dampak besar pada bagaimana fungsi hati dan jantung kamu. Ketika kamu minum sedikit air, menyebabkan penurunan plasma darah yang membuat darah kamu menjadi kental. Akibatnya jantung kamu bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah melalui tubuh. Oleh karena itu, dokter sangat menyarankan minum air setidaknya 6 – 8 gelas atau 1,5 – 2 liter perhari.
2. Susah Konsentrasi atau Fokus


Pernah mengalami sulitnya berkonsentrasi sepanjang hari? Nah, kemungkinan kamu sedang mengalami dehidrasi. Dalam studi baru-baru ini, kurangnya asupan air mengakibatkan fungsi kognitif yang buruk dan hilangnya konsentrasi (memori). Hal ini disebabkan karena otak secara garis besar terdiri dari 90% air. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memulai hari kamu dengan memimum segelas (gelas besar) air untuk mempertahankan fungsi otak yang optimal.
3. Nyeri Pada Sendi dan Otot


Untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang rawan, air adalah komponen penting. Bahkan, sendi kamu terdiri dari 80% air. Ketika tubuh kamu kekurangan air, mengakibatkan terjadinya gesekan pada sendi kamu  yang menimbulkan rasa sakit. Sebuah studi mengungkapkan, ketika tubuh kamu kekurangan air, hal ini menyebabkan otot-otot berkontraksi yang dapat menyebabkan kram.

4. Merasa Ngantuk dan Kelelahan



Jika kamu merasa lelah dan letih seharian itu bisa jadi tanda-tanda dehidrasi. Ketika tubuh kamu kekurangan cairan, dapat menurunkan tekanan darah dan membatasi suplai oksigen ke otak. Hal ini menimbulkan rasa kantuk dan lelah.

5. Urin Berwarna Keruh (Kuning Tua)



Tanda lain bahwa tubuh membutuhkan air adalah urin bewarna keruh. Jika tubuh kamu mendapatkan acupan cairan yang cukup, maka urin kamu akan bewarna bening, tetapi sebaliknya akan mengakibatkan urin bewarna gelap. Jangan biasakan urin kamu bewarna gelap, karena ini dapat menyebabkan infeksinya kandung kemih dan masalah saluran kemih lainnya.
6. Lapar di Jam Tak Menentu 



Nah ini salah satu trik agar tidak gemuk, pada saat lapar di anjurkan untuk meminum segelas air putih terlebih dahulu, baru kamu makan. Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh akan mengirimkan sinyal lapar palsu ke otak. Ahli gizi telah mengungkapkan dalam studinya, obesitas sebenarnya terkait dengan dehidrasi karena orang bingung mengartikan apakah dirinya lapar atau haus.
7. Sembelit dan Susah Buang Air Besar

Jika kamu mengalami sembelit, ini merupakan tanda utama bahwa kamu tidak cukup air. Air membantu melumasi jalur pencernaan sehingga menjaga usus kamu tetap bersih. Semakin sedikit air yang kamu minum, semakin sulit untuk kotoran untuk keluar dari tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap menjaga cairan tubuh untuk mencegah sembelit.

8. Bau Mulut



Bau mulut adalah hal yang sangat menakutkan, pernahkan kamu sudah rajin gosok gigi dan sering menggunakan larutan penyegar tetapi mulut kamu tetap bau beberapa jam setelah itu? Menurut penelitian terbaru, ketika kamu jarang sekali minum air, mulut kamu akan merasa kering dan rongga mulut akan otomatis menghasilkan lebih banyak air liur dan bakteri. Peningkatan bakteri menyebabkan mulut kamu berbau busuk, dan itu sangat tidak menyenangkan bagi siapa pun. Jadi cobalah untuk meminum segelas air setiap jam.
9. Kulit Kering



Jika kamu melihat kulit terus-menerus kering dan tidak memiliki kekenyalan / elastisitas, itu bisa jadi tanda bahwa tubuh kita kurang air. Kulit adalah jaringan yang sangat membutuhkan air agar tetap dalam kondisi baik. Satu fakta menarik adalah semangkin sering kita menjaga cairan tubuh kita , hal ini dapat mencegah datangnya jerawat, psoriasis dan eksim.
10. Sakit Kepala



Salah satu tanda yang paling umum dari dehidrasi adalah sakit kepala. Hal ini biasanya disebabkan oleh berkurangnya cairan ke otak. Sebuah laporan yang diterbitkan dalam buku Clinical Neurology dibahas bahwa kebanyakan migrain dipicu oleh kurangnya cairan tubuh. Jadi, jika kamu ingin menghindari rasa sakit kepala, rajin-rajin lah minum air!

Nah, yang paling penting, saat kamu sedang merasa lapar di jam yang aneh misalkan sore atau malam hari, bisa jadi itu adalah tanda kamu sedang membutuhkan air, bukan lapar..diet sehat nih Sob. Semoga bermanfaat

Sumber







Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.