Breaking News
recent

Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana Matahari.PNG 

Gerhana matahari muncul saat tertutupnya piringan Matahari oleh piringan Bulan. Hal ini berlangsung apabila posisi Matahari-Bulan-Bumi berada pada posisi sejajar. Karena besar ukuran piringan Matahari dan bulan di langit hampir sama, adakalanya seluruh piringan Matahari tertutupi sempurna oleh piringan Bulan, terjadilah Gerhana Matahari total.

.:: Daerah Lintasan Gerhana Matahari Total ::.


Gerhana matahari total 9 Maret 2016 mendatang akan melintasi sejumlah kota besar mulai dari Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, sampai Ternate dan daerah lainnya di seluruh Indonesia. Gerhana Matahari total akan terjadi pada pagi hari beberapa jam setelah matahari terbit, sehingga Matahari terlihat pada arah timur. Di Palembang, gerhana Matahari mulai berada pada fase total pada pukul 07.20 WIB. Sedangkan di Ternate, Gerhana Matahari fase totalnya mulai terjadi pada pukul 09.51 WITA. Durasi fase totalnyapun kurang dari 3 menit, cukup singkat kan?

.:: Cara Aman Melihat Gerhana ::.


Tak sedikit juga para ilmuwan atau dokter menyarankan untuk menggunakan kacamata khusus, agar aman dalam melihat kejadian gerhana tersebut. Karena gerhana matahari yang terjadi dan dilihat langsung dengan mata telanjang, bisa mengakibatkan retina mata terbakar.

Teropong atau Teleskop
Para ilmuwan antariksa NASA mengabarkan bahwa teropong atau teleskop, adalah alat yang paling tepat dan aman untuk melihat gerhana Matahari secara sempurna. Hanya sayangnya, perangkat ini membutuhkan dataran tinggi dan tanpa halangan untuk melihat aktivitas gerhana tersebut.

Bejana Air
Jika teleskop terlalu mahal dan sulit didapatkan, ada cara lain yaitu dengan melihat pancaran atau kejadian gerhana Matahari langsung dengan metode pantulan. Cara yang paling sederhana dilakukan adalah dengan melihat pantulan gerhana pada sebuah bejana air atau baskom diisi air bahasa mudahnya, sehingga pantulan kejadian gerhana bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang.

Lubang Jarum
Seperti halnya metode pantulan, cara sederhana dan aman yang bisa digunakan oleh orang untuk melihat gerhana Matahari adalah dengan memproyeksikannya pada sebuah lubang jarum. Proyeksikan pancaran gerhana Matahari pada lubang jarum, melalui sebuah mediasi kertas atau alat lainnya sehingga sebuah pantulan gerhana Matahari bisa terlihat dengan aman.

Ambil sebuah kardus kosong, seperti kotak sepatu. Buat sebuah lubang pada kotak sebesar 2 sentimeter dengan pisau atau gunting, kemudian tutup dengan selembar kertas foil atau alumunium.

Setelah lubang ditutup, lubangilah dengan sebuah jarum. Area ini digunakan untuk dihadapkan ke arah gerhana. Sedangkan pada sisi berlawanan, tambahlah bagian yang terproyeksi cahaya gerhana matahari dengan selembar kertas putih. Sedangkan untuk sisi bagian proyeksi tersebut, pengguna bisa melubanginya untuk melihat pantulan cahaya gerhana yang dipancarkan dari lubang jarum pada area kertas putih.

Kacamata Hitam
Tak semua jenis kacamata bisa digunakan untuk melihat langsung gerhana Matahari, ada sebagian kacamata yang dibuat khusus untuk melihat pancaran tersebut. Kacamata hitam pun demikian, maka untuk lebih amannya, pastikan pengguna memiliki kacamata yang memang direkomendasikan oleh toko atau dokter dapat digunakan untuk melihat kejadian gerhana Matahari.

.:: Jalur Gerhana di Indonesia ::.

Jadwal GMT 2.jpg


Semoga Bermanfaat

Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.