Breaking News
recent

Cari Tau Tanda-Tanda Aki Motor Yang Harus Diganti

Tanda-Tanda Aki Motor

Aki merupakan salah satu komponen terpenting untuk sepeda motor injeksi. Dan saat ini hampir semua motor sudah mengadopsi aki jenis MF (maintence free) yang artinya kamu nggak perlu lagi melakukan perawatan seperti mengisi air aki. Nah, untuk kamu yang belum tau tanda-tanda aki motor sudah mulai soak tenang Mister akan jelasin ke kamu.

Seorang Service Advisor Yamaha Persada Motor mengatakan, usia pemakaian aki MF nggak bisa selamanya. Akan ada waktu dimana kualitas aki tersebut menurun. Jika pemakaiannya baik, aki MF bisa bertahan sampai 2 tahun bahkan lebih. Namun jika nggak, aki kamu bisa saja bertahan selama 1 tahun.

Pertama, Hal pertama untuk mengetahui apakah aki sudah mulai rusak, arahkan kendaraan ke dinding atau tembok dan nyalakan lampu besar. Jika cahayanya redup dibandingkan biasanya, berarti kondisi aki sudah tidak bagus.

Kedua, Jika aki kamu sudah mulai jelek, kamu hanya bisa menggunakan starter manual (engkol) untuk menyelakan mesin, karena starter elektrik sudah nggak bisa digunakan lagi.

Ketiga, Genjala lainnya yang bisa kamu lihat untuk mengetahui aki kamu sudah mulai jelek yaitu, mesin sepeda motor nggak langsung dalam posisi hidup. Ketika kamu memilih menyalakannya dengan di engkol, nyala mesin itu tak akan berlangsung lama dan akan terputus-putus.

Keempat, jika kondisi aki sudah benar-benar parah, maka motor nggak bisa dinyalakan alias mati total. So, mulai sekarang kamu harus perhatikan gejalanya ketika aki sudah mulai soak, menjaga agar motor kamu tidak mogok di jalan.

Semoga Bermnafaat

Sumber
Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.