Breaking News
recent

8 Kuliner Semarang Yang Wajib Di Cicipi

Semarang adalah salah satu destinasi yang wajib banget kamu kunjungi saat musim libur tiba. Selain banyak tempat wisata bersejarah, seperti Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong, atau Pagoda dan Vihara Watugong, Semarang juga menyediakan kuliner yang mampu menggoyang lidah. Nah kalau Sobat singgah di kota Semarang, nggak ada salahnya lho buat cicip cicip 8 kuliner Semarang super nikmat berikut ini.

1. Lumpia Semarang

Bukan tanpa alasan Semarang disebut kota lumpia. Lumpia telah menjadi salah satu makanan khas kota Semarang sejak pemerintahan Presiden Soekarno lho. Kuliner Semarang hasil perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa ini sebenarnya sejenis gorengan yang berisi rebung, telur, daging ayam atau udang. Jika Sobat berkunjung ke Semarang, cobain deh lumpia di Loenpia Gang Lombok. Konon, toko lumpia satu ini merupakan toko lumpia tertua di Semarang lho. Soal rasa? Wah dijamin Yummmy! Jadi jangan heran kalau banyak orang rela antri buat nyobain lumpia di sini.

jajanan khas semarang - lumpia semarang 
 
2. Tahu Gimbal
 
Tak hanya namanya yang unik, rasa yang di tawarkan si tahu gimbal juga khas banget. Perpaduan tahu goreng, kol, lontong, toge, telur, dan gimbal (potongan bakwan udang yang digoreng) pasti bikin nagih. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu kacang, wah rasanya dijamin makin mantap. Buat kamu yang ingin nyobain tahu gimbal bisa datang ke jalan Pahlawan. Di sepanjang jalan ini kamu akan menjumpai banyak sekali penjual tahu gimbal.

jajanan khas semarang - tahu gimbal

3. Babat Gongso

Satu lagi makanan khas Semarang yang bisa kamu coba, babat gongso. Tidak seperti lumpia atau tahu gimbal yang mudah ditemukan, belum banyak tempat yang menyediakan babat gongso. Jika ingin menikmati kuliner satu ini, Sobat bisa berkunjung ke Babat Gongso Pak Karmin di kawasan Jembatan Mberok. Babat gongso sendiri merupakan hidangan berupa babat dan jeroan sapi yang diracik dengan beragam rempah-rempah serta petis. Meski cita rasa pedas, gurih, dan manisnya sulit ditolak, Sob yang memiliki masalah dengan kolesterol atau darah tinggi tidak disarankan untuk mencicipi menu satu ini.

kuliner khas semarang - babat gongso

4. Es Cong Lik

Setelah lelah berkeliling kota Semarang, memang paling pas menikmati segarnya es congklik. Es puter favorit di kota Semarang ini terdiri dari 2 scoop es, roti tawar, pacar cina, jelly, dan serutan kelapa muda. Buat pecinta durian, kamu bisa menambahkan buah durian ke dalam es cong lik milikmu lho. Ada sekitar 10 varian rasa yang bisa kamu pilih, yaitu rasa leci, sirsak, kacang ijo, kelengkeng, blewah, kopyor, kelapa muda, durian, cokelat, dan alpukat.Yang membuatnya istimewa, es cong lik ini tidak mengandung perasa ataupun pengawet lho, jadi rasa-rasa didapat dari buah-buahan asli. Untuk menikmati es cong lik, Sobat bisa berkunjung ke jalan KH.Ahmad Dahlan, Semarang.

jajanan khas semarang - es cong lik
sumber: ceritaperut.com

5. Mie Kopyok

Jalan-jalan ke Semarang belum lengkap jika belum mencicipi mie kopyok. Ciri khas mie kopyok terletak pada irisan tetelan daging, lontong, tauge, serta tambahan tahu dan kerupuk gendar. Disebut mie kopyok karena cara pembuatan mie ini adalah dengan cara diaduk atau dikopyok dalam air panas.  Salah satu tempat yang terkenal dengan sajian mie kopyoknya adalah Mi Kopyok Pak Dhuwur yang berlokasi di jalan Tanjung Semarang.
jajanan khas semarang - mie kopyok
sumber: flickr.com

6. Tahu Pong

Lagi cari cemilan di Semarang? Tahu pong bisa jadi pilihan lho. Tahu pong adalah tahu goreng yang didalamnya kosong (kopong) dan disajikan dengan sambal petis. Jajanan satu ini tentunya paling nikmat dimakan saat masih panas. Di Semarang, kamu bisa mencoba tahu pong yang dijual di Jalan Gajah Mada, tepatnya di seberang Gereja Bethel.
jajanan khas semarang - tahu pong
sumber: klikhotel.com

7. Kue Lekker Paimo

Meskipun hanya dijual dengan gerobak di depan sebuah sekolah, kelezatan Kue Lekker Paimo tidak diragukan lagi. Jika biasanya kue lekker hanya berisi susu atau cokelat meses, Kue Lekker Paimo ini memiliki puluhan varian rasa, mulai dari pisang cokelat, keju, sampai lekker isi tuna dan sosis mozarella tersedia di sini. Karena termasuk jajanan sekolah, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni dari Rp 1.000 sampai paling mahal Rp 15 ribu. Jika ditanya pilihan rasa mana yang menjadi favorit, kue lekker isi sosis, telur, keju jawabannya.
jajanan khas semarang - kue lekker paimo
sumber: foodyplace.com

8. Pisang Plenet

Makan pisang goreng sih biasa, tapi kalau pisang plenet pasti Sobat penasaran dengan rasanya. Pisang plenet merupakan pisang kepok yang dibakar diatas arang dan kemudian dipipihkan dengan cara dipencet hingga gepeng. Untuk menambah cita rasa, pisang plenet juga ditaburi gula halus, cokelat meses, atau selai nanas. Kuliner Semarang satu ini paling pas dinikmati saat sore hari sambil ditemani teh atau kopi panas.

jajanan khas semarang - pisang plenet

Terbukti kan Sobat kalau di Semarang banyak makanan enak yang wajib kamu cobain. Buat kamu yang hobi wisata kuliner jangan ragu lagi menjadikan kota Semarang sebagai destinasi liburan berikutnya.

Semoga Bermanfaat 

Sumber
Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.