Breaking News
recent

7 Permainan ini Bisa Mengasah Kecerdasan

Mengasah otak tidak selalu identik dengan belajar, lho! Ada banyak cara untuk mengasah kemampuan otak kamu misalnya dengan cara bermain sambil belajar. Bagaimana bisa bermain sekaligus belajar? Tentu bisa! Ada banyak permainan seru yang secara tidak langsung menguji kemampuan otak kita. Penasaran permainan apa aja itu? Yuk langsung kita cek aja satu per satu di sini.

Teka Teki Silang

permainan untuk mengasah otak

Siapa yang nggak kenal dengan permainan yg 1 ini? Tentunya kamu udah nggak asing lagi dong? Permainan yang sering disingkat dengan TTS ini sering kita temui di koran atau majalah. Permainan ini akan bantu mengasah otak kamu karena memang diperlukan pengetahuan umum yang luas untuk bisa menyelesaikan pertanyaan dengan jawaban yang sesuai dengan jumlah kolom yang disediakan.

Sudoku

permainan untuk mengasah otak

Kenal dengan permainan yang satu ini? Permainan yang berhubungan dengan angka ini sudah cukup terkenal di Indonesia dan jadi salah satu permainan yang diklaim mampu mencerdaskan otak. Permainan yang menekankan logika dan kreativitas ini secara tidak langsung dapat melatih kemampuan otak kiri dan otak kananmu.

Puzzle

permainan untuk mengasah otak

Pasti kamu udah nggak asing kan dengan permainan yang satu ini. Permainan menyusun potongan gambar acak ini mampu mengasah kecerdasan visual serta kemampuan untuk melatih ingatan. Selain itu, permainan ini juga bisa dimainkan untuk semua usia, lho! Dimulai dari usia 3 tahun sampai dewasa sesuai dengan tingkat kesulitannya masing-masing.

Scrabble

permainan untuk mengasah otak

Mau memperkaya kosakatamu? Yuk, main scrabble! Meski inti dari permainan ini adalah menyusun huruf di atas papan, namun dibutuhkan strategi yang tepat untuk bisa memenangkannya. Permainan ini semakin seru ketika kamu memainkannya bersama teman atau kerabat. Selain menyenangkan, otakmu juga akan lebih terasah.

Lego


Ingat dengan permainan ini? Lego yang sampai sekarang masih eksis dan populer. Permainan ini memiliki manfaat untuk melatih otak serta imajinasi kita lewat menyusun balok-balok aneka bentuk menjadi sebuah bangunan, kendaraan, karakter dan lainnya. Tentunya untuk menyusun balok-balok tersebut dibutuhkan kreativitas dan juga kesabaran.   

Rubik

permainan untuk mengasah otak

Rubik memang terlihat sederhana dengan bentuk kubus yang dipenuhi dengan enam warna di setiap sisinya. Buat kamu yang sudah pernah mencoba permainan ini memang kesabaranmu akan diuji, karena untuk menyelesaikannya kamu harus bisa menyusun warna-warna yang tadinya tidak beraturan jadi satu warna di setiap sisinya. Meski terlihat simpel, tapi tidak semua orang bisa menyelesaikan permainan ini dengan mudah, lho! Terdapat rumus-rumus dan cara tertentu untuk bisa menyelesaikan rubik ini.

Catur

permainan untuk mengasah otak

Permainan selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan untuk mengasah kecerdasanmu adalah catur. Pastinya kamu udah tahu dong, kalau bermain catur memang membutuhkan konsentrasi untuk memainkannya dan strategi untuk memenangkannya. Tak heran kalau permainan ini memang mampu melatih kemampuan otakmu dan bahkan bisa meningkatkan IQ dan SQ.

Itu dia beberapa permainan yang selain seru untuk dimainkan juga secara tidak langsung bisa mengasah kemampuanmu untuk berpikir. Jadi, kamu bisa bermain sambil belajar kan? Kira-kira permainan mana yang jadi favorit kalian?

Sumber
Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.