Breaking News
recent

4 Kiat Menabung di Usia Muda

Siapa yang di sini selalu berniat untuk menabung, tapi begitu uang di tangan rasanya cepat habis tanpa sempat disisihkan? Pada praktiknya, menabung memang bukan hal yang mudah dilakukan bagi sebagian orang. Seringkali sebagian orang membelanjakan uang untuk kebutuhan dan keinginannya tanpa ada yang dialokasikan untuk menabung.

Padahal, menabung itu penting untuk dilakukan, lho. Saking pentingnya, kebiasaan menabung bahkan sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Nah, sebelum uang atau gaji bulananmu habis setiap bulan, yuk cek beberapa tips di bawah ini yang mungkin bisa kamu coba.

1. Tetapkan tujuan dari menabung

tujuan menabung

Sebelum menabung, ada baiknya kamu menetapkan tujuan menabungmu. Uang yang kamu sisihkan bisa dimaksudkan untuk simpanan jangka panjang atau untuk mewujudkan hal yang kamu impikan. Target seperti ini akan menjadi motivasi tersendiri yang akan mendorong kamu untuk menabung dengan rutin. Apabila kamu menggunakan celengan, kamu juga bisa lho menuliskan tujuan menabung pada celengan tersebut.

2. Sisihkan uang untuk ditabung sebagai prioritas utama

menabung jadi prioritas utama

Ketika menabung telah menjadi prioritasmu, maka uang atau gaji bulanan yang kamu terima akan dialokasikan untuk tabungan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengurangi kebiasaan menabung hanya kalau ada uang sisa saja. Kalau menunggu sisa, bisa jadi malah kamu tidak menabung sama sekali. Dengan menyisihkan uang inilah kamu akan jadi lebih disiplin dan berkomitmen pada kebiasaan menabung.

3. Gunakan rekening yang terpisah untuk menyimpan uang atau gunakan celengan

menabung di rekening bank

Membuat dua rekening yang terpisah bisa jadi trik yang kamu gunakan untuk menabung. Apabila memungkinkan, pilih satu rekening tabungan tanpa potongan dan tidak membuat ATM. Rekening satunya baru digunakan untuk uang bulanan yang digunakan untuk belanja kebutuhan dan keinginan.

celengan atau tabungan diy

Selain rekening bank, kamu juga bisa menggunakan celengan di rumah. Bosan dengan bentuk celengan yang itu-itu saja? Kamu bisa membuat celengan sendiri yang kreatif, misalnya dengan toples yang diberi hiasan kain flanel, kertas lipat dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa beli tabungan yang lucu untuk meningkatkan motivasi menabungmu.
Bentuk celengan yang unik akan membantu kamu untuk lebih rajin menabung. Begitu diletakkan uang logam, kucing dalam kotak akan muncul dan memasukkan uangnya ke dalam celengan.

4. Buat komitmen untuk menabung dengan pecahan uang dengan nominal tertentu

menabung dengan pecahan uang tertentu

Siasati cara menabung dengan berkomitmen menggunakan nominal uang tertentu secara rutin, misalnya Rp 5.000 atau Rp 20.000. Untuk menjalankannya, kamu perlu konsisten untuk menyisihkan uang setiap harinya.
Setiap menemukan uang receh atau pecahan tertentu, segera masukkan ke tabungan. Buat janji dengan diri sendiri untuk selalu menabung setiap mendapat atau menemukan uang dalam pecahan tersebut. Lama-kelamaan akan terkumpul banyak lho.
"Jangan menabung dari sisa uang belanja Anda, tapi belanjalah dari sisa uang setelah Anda menabung." – Warren Buffet
Ternyata tidak sulit kan untuk mulai menabung? Seperti halnya peribahasa “Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”, dengan rajin menabung maka kamu bisa mencapai apa yang menjadi mimpi besarmu, Yuk, mulai menabung sekarang!

Sumber
Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.