Breaking News
recent

Cara Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak


Ini nih jadi isu terpanas untuk orang tua bahkan setiap hari di bicarakan antar sesama orang tua, gadget sudah hal umum di gunakan orang tua namun sama dengan Teknologi sangat berdampak terhadap lingkungan kita. Memang sih, teknologi bikin sesuatunya lebih mudah, tapi ternyata juga bikin lainnya jadi lebih susah. Misalnya saja, ketika anak-anak harus bersosialisasi, bermain di luar, olahraga, atau menghabiskan waktu bersama keluarga, mereka terkadang asyik sendiri dengan gadget. Karena itulah, orangtua harus bijaksana dalam mendidik buah hati.

 Jangan sampai teknologi menyingkirkan kehidupan sosial anak-anak. Bahkan bagi orang tua yang sepi rumahnya akan anak berlari berteriak karena semua sudah dirampas oleh gadget. Berikut beberapa cara untuk membebaskan mereka dari perangkap teknologi atau mencegahnya agar tidak di rusak oleh teknologi.

1. Tentukan batas waktu. Perlu ada batasan yang jelas ketentuan waktu mereka bisa bermain dengan gawai dan gadget lainnya. Jika anak-anak Anda sudah bisa diajak bekerjasama, bahaslah bersama, dan kalau perlu, buat semacam kontrak. Bila masih belum juga aman perangkat dari tangan anak.

2. PR itu prioritas. Semua PR harus diselesaikan sebelum bermain gadget, komputer, atau menonton tv. Kalau mereka butuh komputer untuk tugas, pertimbangkan dulu, bimbinglah, dan awasi mereka.

3. Memiliki waktu untuk bersama keluarga harus jadi prioritas utama. Jangan sampai ketika Anda menyuruhnya makan, mereka akan beralasan sedang sibuk dengan gadgetnya.

4. Selalu awasi mereka ketika bermain komputer atau smartphone. Lihatlah  yang mereka mainkan atau yang mereka lihat. Biarkan mereka tahu bahwa Anda tertarik dan memperhatikan. Apalagi untuk anak Anda yang memiliki usia lebih muda, dan menghindari anak membuka konten yang buka semestinya

5. Usahakanlah anak-anak memiliki kegiatan lain yang membuat mereka aktif tanpa gadget. Bagi lah waktu mereka untuk aktivitas bermain dan berolahraga di luar dengan teman-teman. Misalnya aja, naik sepeda, skateboard, bola, dan sebagainya. Anda bisa ajak mereka ke taman buah atau bunga, hiking, memancing, dan kegiatan alam lainnya. Tanpa alam, anak-anak kita kurang mendapatkan pengalaman hidup. Alam adalah sumber utama dari stimulasi sensorik, kebebasan untuk mengeksplorasi, dan bermain di lingkungan luar dengan menggunakan indra sangat penting untuk perkembangan yang sehat.




6. Jangan lupa, Anda juga harus mengurangi kecanduan terhadap gadget. Bagaimana bisa menyuruh anak Anda sementara orangtuanya juga ketergantungan?
 
Pastikan mereka menggunakan teknologi dengan baik dan bijak. Bagaimana semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa komentar dan bagikan ke teman.
Ambang Al - Amasy

Ambang Al - Amasy

Ordinary People Become Better Of Not Being What It

Powered by Blogger.